Senin, 12 Desember 2011

Biografi singkat Robert E Park(1864-1944)

Robert lahir di harveyville, Pennsylvania, 4 febuari 1864. Park lahir dari pasangan Hiram asa park dan Theodosia 9 warner). Pada tahun 1882 park masuk universitas Minnesota di Minneapolis. Dimana ia belajar sampai tahun 1883. Kemudian masuk ke universitas migchigan di ann arbor hingga tahun 1887 dan mendapat kelar phd. Ketika ia belajar ia berkenalan dengan beberapa pemikir besar salah satunya john dewey.
Park lebih tertarik pada hal-hal yang riil. Maka ia memutuskan untuk berprofesi sebagai wartawan. Dari tahun 1887-1898 ia bekerja sebagai wartawan di Melaneapolis, Detroit, Denver, New York, Chicago.tetapi di tidak puas sebagai wartawan karena dia tidak dapat ikut dalam reformasi sosial. Sehingga dia pada tahun 1898 menekuni ilmu dengan masuk ke universitas Harvard mengambil kajian psikologi dan filsafat, sehingga dia mendapatkan MA di filsafat. Pada tahun yang sama pula ia belajar di berlin dimna di kota ini ia bertemu dengan sosiolog kawaka, George simmel. Tahun 1904 park  berhasil menyelesaikan disentasinya di universitas heidebrerg.
Setelah ia kembali waktu 2 tahun ia guakan untuk mengajar filsafat di universitas hervard. Ada sumber yang mengatakan pada tahun 1905-1914 ia bekerja di institute tuskgee. Awalnya ia bekerja sebagai wartawan kemudian sebagai  direktur hubungan masyarakat. Kemudian pindah ke Chicago sebagai dosen sosiologi, sekaligus professor sosiologi disana pada tahun 1923.
Tahun 1923  E.C Hughes memberi kata pengantar dari karya park, race and cultural. Daribhughes tersebut park sering berdiskusi tentang ras dan kontak budaya. Selain mengkaji tema-tema tersebut juga mengkaji tentang collective behavior,human ecologi dan race relations.
Kiprah park banyak dilakukan dalan keterlibatannya dirinya di Amerika untuk membesarkan mazrab Chicago. Perkembangan ini bersamaan dengan perkembangan sosiologi di eropa berkat max webber dank alt mark, tetapi abad ke 20 keterlibatan park dengan kawan-kawan kerjanya. Kelak seperti wirt dan William, Isaac Thomas, membuat jurusan sosiologi di universitas Chicago. Bersifat khas dan menjadi tempat berkumpulnya banyak sosiolog. Dari tahun 1914 sampai 1933 dan kawan-kawannya membesarkan sosiologi Chicago.
Jasa-jasa yang di sumbangkan park kemunculan Chicago school yang sangat disiplin dalam mempelajari sosiologi terutama pada human ecology. 

 daftar pustaka:
Dwi kiswo, rachmad k.2008.20 tokoh sosiologi modern. Yogyakarta: rachmad k.dwi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar